Cara Tampil Modis Untuk Wanita Muslimah

Menjadi seorang wanita muslimah sudah tentu akan menghadirkan sebuah kebanggan tersendiri bukan ? sudah menjadi sebuah ketentuan bahwa seorang muslim yang dilahirkan harus berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. itulah yang bisa dijadikan sebagai pedoman untuk mendedikasikan hidup di jalan yang sesuai dengan aturan islam. Salah satunya juga bisa dilihat dari cara anda berpakaian.

Jangan mengira bahwa menggunakan pakaian yang sesuai dengan aturan agama atau syar’i berarti tidak akan bisa tampil dengan modis dan trendy. Mempelajari dengan tepat bagaimana cara berbusana secara syar’i namun tetap modis seperti artis maupun selebgram tentu akan bisa memberikan gambaran bagaimana pakaian yang cocok untuk di aplikasikan pada diri sendiri.

Untuk memperoleh segala informasi tersebut anda juga tidak membutuhkan jalan yang sulit karena sekarang tidak sedikit tayanga di televisi maupun internet yang membahas tema ini. Namun kemudahan mendapatkan informasi ini harus bisa membuat anda lebih selektif ketika memadu padankan item yang sesuai dengan pribadi.

Cara Berpakaian Wanita dalam Ajaran Islam

Dalam agama Islam wanita adalah mahkluk yang sangat dilindungi dan memiliki derajat yang sangat tinggi. Hal ini karena memang wanita memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak akan dimiliki laki-laki seperti menstruai, mengandung, melahirkan dan juga menopause.

Selain itu wanita juga tak sedikit menjadi salah satu sumber dari timbulnya fitnah negatif yang mungkin untuk merugikan banyak pihak. Lebih lagi fitnah tersebut timbul akibat permasalahan dalam hal aurat atau pakaian yang dikenakan tidak bisa menutupi aurat. Untuk menghindari perkara ini maka Allah telah memberikan ketentuan tentang bagaimana seharusnya wanita muslimah berpakaian, yang jika diikuti tentang akan membawa kebaikan pada diri sendiri.

www.pexels.com

Adapun tata cara berpakaian wanita secara islami adalah seperti dibawah ini :

  1. Menutup aurat

Seluruh tubuh wanita kecuali wajah, telapak tangan , serta ujung jari-jari tangannya adalah aurat. Itulah mengapa dalam Islam wanita dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang panjang serta kerudung yang menjuntai untuk menutupi dada.

  1. Pakaian yang longgar

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk bisa menutup aurat adalah dengan menggunakan pakaian yang longgar. Hal ini karena arti dari menutup aurat bukanlah hanya menutupi bagian tubuhnya saja namun juga untuk menyamarkan lekuk tubuh. Itulah mengapa Islam mengharuskan wanita untuk menggunakan pakaian yang longgar. Hal ini jika dilihat dari sisi kesehatan juga merupakan hal yang baik bahkan dianjurkan. Menggunakan pakaian longgar akan membuat kulit memiliki ruang gerak sehingga akan lebih leluasa dan yang paling penting ada ruang nafas untuk kulit.

  1. Pakaian sederhana

Dalam Islam anjuran untuk menggunakan pakaian sederhana tidak di tujukan bagi kaum wanita saja melainkan juga untuk kaum laki-laki. Pakaian yang terlalu mencolok sudah pasti akan menarik perhatian dari orang lain termasuk juga lawan jenis. Selain itu pakaian juga bisa menjadi alasan timbulnya fitnah. Dari pakaian bisa juga menimbulkan sifat-sifat seperti rasa minder, iri, dengki, sombong atau bahkan parahnya sampai ke takabur baik itu untuk pengguna ataupun yang melihat.

  1. Gunakan yang berbahan tebal

Seorang wanita dalam berpakaian haruslah bersikap bijak , harus pandai dalam memilih dan memilah pakaian yang digunakan. Meskipun anda sudah menggunakan pakaian yang menutup aurat dan longgar namun jika menggunakan bahan yang tipis tentu itu akan menjadi percuma saja. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa menutup aurat bukan hanya menutupinya saja tetapi juga harus menyamarkan.

  1. Pakaian yang menyerupai laki-laki

Dalam Islam sudah sangat jelas bahwa wanita tidak diperbolehkan untuk menggunakan pakaian ataupun berpenampilan yang menyerupai laki-laki. Aturan tersebut juga berlaku bagi laki-laki yaitu tidak boleh menggunakan atau berpenampilan yang menyerupai wanita.

  1. Pakaian menyerupai orang kafir

Pakaian yang digunakan oleh wanita muslim tentu akan sangat berbeda dengan pakaian yang digunakan oleh mereka yang kafir atau memiliki agama lain. Aturan tata cara berpakaian tidak hanya pada fashion dan fungsinya namun lebih kepada aurat dan segala fitnah yang bisa saja timbul akibat tubuh manusia.

www.pexels.com

Cara Berpakaian Modis Untuk Wanita Berhijab

Dari ketentuan atau tata cara berpakaian dalam Islam yang telah disebutkan tadi maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam berpakaian agar bisa tetap berpenampilan modis. Simaklah caranya berikut ini :

  1. Ukuran

Ukuran atau size bisa dijadikan sebagai point pertama yang harus diperhatikan. Meskipun diharuskan menggunakan pakaian yang tidak ketat namun bukan berarti anda menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh juga ya.

Contohnya adalah seperti ini anda memiliki bentuk tubuh yang kurus tinggi maka solusinya adalah gunakan pakaian yang lebih tebal. Selain itu bisa juga dengan memadukan pakaian yang berlapis sehingga akan membuat anda menjadi lebih terlihat berisi.

Nah untuk anda yang memiliki badan berisi atau gemuk maka cara berpakaian yang modis bagi wanita berhijab adalah dengan menghindari pakaian yang ketat. Pakaian yang terlalu ketat tentu akan semakin menambah anda menonjolkan lekuk tubuh dan ini sudah pasti sangat dilarang.

  1. Motif

Saat ini ragam pakaian memang sudah dipenuhi dengan ragam motif pula, terdapat banyak sekali motif yang diaplikasikan dalam pakaian. Seperti misalnya motif floral yang terdiri atas hiasan bunga,daun, binatang dan lainnya lagi. Menggunkan pakaian yang bermotif memang tidak dilarang namun alangkah baiknya jika menggunakan pakaian yang memiliki motif tidak terlalu mencolok agar tidak membuat anda menjadi pusat perhatian.

  1. Warna

Warna dianggap sebagai salah satu cara untuk menggambarkan sisi lain dari kepribadian , saat ini dalam fashion juga mengalami perkembangan warna yang kian beragam. Untuk wanita berhijab yang ingin tampil modis dalam acara-acara formal maka bisa memilih untuk menggunakan warna netral seperti hitam, coklat, putih ataupun mengkombinasikan dengan warna lainnya.

Untuk acara-acara yang lebih santai maka bisa memilih untuk menggunakan warna pastel atau monokrom. Paduan ini tentu akan membuat tampilan anda tetap modis tanpa harus terlihat mencolok.

  1. Model baju

Dalam Islam dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang tidak terlalu berlebihan, jik aturan ini diterapkan dalam fashion maka ini bisa menjadi tips yang sangat baik. Pakaian yang memiliki desain simple justru akan memberikan kesan yang lebih elegan sehingga akan membuat aura anda terpancar meski tanpa harus menggunakan pakaian yang berlebihan dan terbuka.

www.pexels.com

Tips Tampil Modis Tapi Tetap Syar’i

Saat ini style hijab telah di variasi dan di desain dengan sangat apik oleh desainer, namun bagi anda yang masih ingin tetap tampil modis dengan syar’i tidak perlu khawatir. Anda bisa menyimak beberapa tips dibawah ini agar bisa semakin percaya diri dalam berpakaian untuk segala aktivitas.

  1. Pakai maxi

Maxi adalah pakaian yang merupakan model baju syar’i modern yang cocok untuk digunakan dalam acara formal maupun acara santai seperti kegiatan sehari-hari. Sekarang ini pilihan pakaian dengan panjang maxi juga sudah dengan mudah untuk ditemukan seperti produk dari nibras. Model baju ini bisa divariasikan dengan berbagai macam gaya sesuai dengan kepribadianmu.

Dengan menggunakan model baju ini dijamin anda tidak akan terlihat kuno meski menggunakan setelah syar’i. Anda akan bisa membuat tampilan menjadi fresh sehingga membuat penampilan semakin terlihat menawan. Untuk pilihan model yang tepat bisa juga disesuaikan dengan keinginan, pilihlah yang mempunyai detail unik agar bisa menambah kesan modern yang stylish.

  1. Padu padan dengan coat

Bagi anda yang ingin mencoba untuk tampil lebih muda maka bisa juga nih mencoba gaya syar’i yang lagi ngetrend di kalangan hijaber selebgram. Padu padannya adalah gamis atau dress kemudian tambahkan juga coat sebagai pelengkap tampilan anda. Coat disini bisa difungsikan juga sebagai outer sehingga tampilan menjadi semakin terlihat fresh.

Dengan gaya macam ini sudah bisa dipastikan bahwa anggapan tentang gamis akan terlihat ketinggalan jaman akan dihapuskan. Untuk mencoba gaya ini nggak perlu lo sampai harus beli gamis/dress baru. Anda bisa menggunakan gamis lama dan cukup membeli coat yang bisa multifungsi untuk melengkapi outfit kece anda. Untuk menambah kesan muda dan modis bisa juga nih pakai sneakers favorit untuk menemani aktivitasmu.

  1. Pakai dress A line

Jika saat ini anda mulai bosan dengan menggunakan gamis yang memiliki model seperti itu saja maka bisa nih coba pakai dress yang memiliki model potongan A. Dengan model dress yang seperti ini maka sudah pasti tampilanmu akan semakin terlihat stylish namun tetap syar’i.

Nah untuk hijabnya sendiri anda bisa menggunakan jilbab syar’i yang modern dan pilihlah warna yang senada dengan gamisnya. Style yang seperti ini sangat cocok untuk digunakan keseharian anda bisa untuk kuliah ataupun sekedar hangout berasama dengan teman-teman.

  1. Pakai cape

Menggunakan cape adalah salah satu cara untuk bisa membuat tampilanmu menjadi terlihat fashionable. Dengan busana ini selain mendukung tampilan syar’i anda juga akan membuat kesan elegan bagi mereka yang menggunakannya.

Model pakaian yang menggunakan cape bisa dipadu padankan dengan 2 model hijab yaitu pasmina maupun hijab syar’i. Jika anda memilih menggunakan pasmina maka tidak perlu khawatir karena busana cape sudah akan menutupi bagian dada sehingga akan aman dan nyaman ketika digunakan.

Nah model baju dengan cape ini bisa jadi solusi terbaik bagi anda yang sering merasa kebingungan ketika harus pergi ke pesta maupun kondangan. Jika anda memiliki banyak dress yang sudah sering dipakai maka bisa juga di akali dengan cape ini agar terlihat memiliki tampilan yang baru lagi. Untuk menambah kesan lebih eksklusif bisa juga dengan menambahkan detail payet atau memilih cape yang terbuat dari bahan brokat.

  1. Kulot

Salah satu item fashion yang wajib dimiliki oleh wanita berhijab, memiliki bentuk yang longgar menyerupai rok sehingga sudah pasti tidak akan memperlihatkan lekuk tubuh anda. Celana jenis ini akan sangat cocok digunakan oleh wanita berhijab ketika melakukan aktivitas outdoor, anda akan bisa dengan leluasa untuk bergerak sehingga akan nyaman untuk digunakan.

Untuk membuatnya terlihat semakin modis maka bisa dengan mengkombinasikannya dengan blouse dan menggunakan hijab syar’i yang menutupi sampai bagian dada. Untuk menambah kesan fashionable maka bisa dengan menggunakan sling bag kecil dan juga flatshoes. Tampilan yang seperti ini juga akan sangat cocok ketika digunakan untuk berlibur ya jadi sekarang tidak perlu bingung lagi ketika liburan.

  1. Khimar panjang

Style hijab yang bisa digunakan bagi anda yang ingin terlihat muda dan juga bagi remaja adalah dengan menggunakan khimar. Khimar memang memiliki ukuran yang panjang sehingga akan sangat cocok untuk digunakan muslimah. Tidak perlu takut ketinggalan mode karena saat ini model khimar tidak hanya itu-itu saja. Sudah banyak sekali khimar yang bisa menutupi bagian dada namun tetap memiliki model sehingga akan terlihat stylih ketika digunakan.

Untuk warna dan juga corak yang ada dipasaran saat ini juga sangatlah beragam sehingga akan memudahkan anda dalam mencocokan dengan kepribadian diri. Namun jika anda ingin mendapatkan kesan yang fashionable maka alangkah baiknya untuk memilih yang bermotif simple serta memiliki warna pastel saja.

www.pexels.com

Gaya Modis Selebgram Dengan Hijab Syar’i

Memilih menggunakan hijab syar’i atau menutup dada saat ini memang cukup populer , trend positif ini kian menjamur salah satunya dipengaruhi oleh para selebgram. Ya para selebgram yang menggunakan hijab syar’i ini mampu memadupadankan dengan sangat baik untuk outfitnya sehingga tampilan jadi terlihat fresh namun tetap syar’i. Nah bagi anda yang ingin memperoleh inspirasi dari mereka maka kenalilah lewat daftar berikut ini :

  1. Nadiah Faatimah

Selebgram hijabers yang satu ini memang memiliki ciri khasnya sendiri, meskipun ia memilih menggunakan hijab segiempat namun kenyataannya masih tetap bisa terlihat syar’i. Hijab segi empat basic yang berukuran besar menjadi pilihannya sehingga akan mudah untuk dipakai. Anda hanya perlu melipat satu sisi ke samping dan sisi satunya masih akan cukup lebar untuk bisa menutup bagian dada bahkan sampai bagian perut.

  1. Angella fransisca

Wanita cantik ini hampir selalu identik dengan kerudung syar’i nya yang panjang sehingga menutup bagian dada namun tetap memiliki gaya yang simple. Biasanya ia akan memilih untuk menggunakan khimar ataupun kerudung yang berukuran besar serta lebar. Warna yang ia pilih biasanya memang satu set dengan gamis yang digunakan sehingga semakin terlihat serasi. Pemilihan model yang simple dan memiliki bahan yang lembut serta jatuh juga bisa jadi pilihan terbaik karena bisa membuat penggunanya terlihat elegan serta anggun.

  1. Ghaida Tsurayya

Ibu dari 4 orang anak yang juga seorang fashion designer ini sudah sangat dikenal dengan gaya fashion modis namun tetap syar’i untuk tampilannya. Ia biasanya memadupadankan long outer dengan maxy dress dan menambahkan hijab pasmina. Semua yang ia gunakan terlihat sangat up to date dan cocok untuk digunakan hijabers muda masa milenial. Jadi bagi anda yang ingin memiliki tampilan ala anak muda bisa nih ikutan coba gaya berpakaian ala Ghaida Tsurayya. Tidak sulit untuk meniru gaya pakaiannya tinggal pintar-pintarnya anda dalam menemukan padu padan yang cocok dengan kepribadian.

Nah demikian tadi beberapa cara yang bisa anda terapkan dalam berpakaian untuk bisa tetap terlihat modis tanpa meninggalkan ketentuan berpakaian syar’i sesuai aturan Islam. Semoga tips-tips tadi bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi baru anda dalam berbusana, namun tetap selalu ingat untuk menyesuaikan dengan kepribadian diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *