Mengenal Filosofi Tumpeng Nasi Kuning Dan Resepnya

Ada beberapa makanan yang sekarang ini telah masuk menjadi ikon dari masakan Indonesia, dan salah satunya adalah tumpeng nasi kuning. Nasi kuning atau tumpengan merupakan salah satu masakan khas dari kebudayaan Jawa yang biasa disajikan ketika terdapat acara penting atau hajatan. Nasi kuning dinobatkan menjadi salah satu ikon bukan tanpa alasan. Ada beberapa filosofi penting yang harus Anda ketahui tentang tumpeng dari nasi kuning ini.

Nasi tumpeng merupakan singkatan dari ‘Yen Metu Kudu Mempeng’ yang merupakan bahasa Jawa dengan arti ketika Anda keluar harus memiliki semangat yang sungguh-sungguh. Hal inilah yang membuat hidangan tumpeng nasi kuning biasa disajikan saat acara adat dengan maksud mengucapkan syukur ataupun sebuah kebahagiaan. Tumpeng memiliki makna yang baik dengan mengartikan semua manusia harus menjalani kehidupan di jalan Tuhan dengan positif dan tidak mudah untuk putus asa.

Pemotongan nasi tumpeng tentu berbeda dengan acara santap yang lainnya, biasanya pemilik hajat akan berdoa dan mengutarakan adanya acara tumpeng, baru nantinya tumpeng akan dipotong dari ujungnya terlebih dahulu. Potongan pertama biasanya akan diberikan kepada seseorang yang paling dihormati. Apabila prosesi sudah selesai, barulah nasi tumpeng dapat disantap oleh tamu undangan yang lain. Hal ini juga memperlihatkan bahwa ada kerukunan dalam setiap acara yang menggunakan tumpeng sebagai hidangan utama.

www.pexels.com

Filosofi Tumpeng Nasi Kuning

Banyak sekali tempat untuk pesan nasi tumpeng dengan harga serta ukuran yang beragam.Anda dapat melakukan pemesanan bentuk atau besar sesuai dengan tamu undangan atau tema acara yang Anda buat. Namun sebelum Anda melakukan pemesanan, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa lauk yang akan sering Anda temukan pada nasi tumpeng. Biasanya tumpeng nasi kuning memiliki jumlah lauk pauk yaitu 7 jenis, dan Anda dapat mengenal filosofi tersebut seperti di bawah ini:

  • Bentuk kerucut.

Banyak arti dari sebuah simbol kerucut, beberapa di antara seperti berdoa kepada Tuhan serta pengharapan untuk meminta hal baik kepada Sang Pencipta. Selain memiliki arti yang sama, ternyata bentuk kerucut pada nasi tumpeng juga memiliki arti sebuah harapan agar hidup yang dijalani selalu sejahtera dan memiliki kebahagiaan.

www.pexels.com

Sebenarnya selain nasi kuning, nasi putih atau bahkan nasi uduk juga dapat Anda gunakan untuk membuat nasi kuning. Setiap warna mengandung arti masing-masing dan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan acara Anda. Namun tumpeng nasi kuning memberikan arti kekayaan atau memohon rezeki yang berlimpah bagi pembuat acara tersebut.

Lauk yang dipilih salah satu ayam jantan yang biasanya dimasak dengan bumbu kuning berasal dari kunir. Arti dari dipilihnya ayam menjadi salah satu lauk adalah untuk menyembah Tuhan dengan menggunakan hati yang tenang. Ketenangan hati ini dapat tercipta apabila Anda memiliki sifat mengendalikan diri dari hawa nafsu dan tentunya selalu bersabar. Selain itu ayam jagi dipilih agar sifat tidak baik yang ada di dalam ayam jago jantan ikut hilang ketika disembelih.

Ada beberapa pilihan yang digunakan untuk hidangan tumpeng nasi kuning, mulai dari Lele hingga sekarang ini adalah ikan teri. Ikan memiliki makna bahwa dalam hidup di dunia, seseorang harus memiliki ketabahan dalam menghadapi setiap masalah yang rumit. Bahkan manusia harus dapat bertahan di masa ekonomi sulit, dan selalu hidup rukun seperti teri yang selalu hidup bersama serta bergerombol.

Tidak semua hidangan telur dapat disajikan untuk tumpeng nasi kuning, biasanya telur yang digunakan merupakan telur rebus. Telur ini setelah direbus tidak boleh dipotong terlebih dahulu, atau disajikan dengan utuh.

www.pexels.com

Filosofi dari hal tersebut adalah agar orang yang memakan telur tersebut mengetahui bahwa etos kerja yang baik memiliki kerja yang harus teliti, terencana, dan tentunya diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

Sebenarnya tidak semua tumpeng menggunakan jenis sayur yang diurap. Namun pada acara adat tertentu sayur urap tentu menjadi lauk tumpeng yang wajib disajikan. Biasanya Sayur akan dicampur dengan bumbu kelapa dan akhirnya dicampurkan hingga membentuk urap.

www.pexels.com

Sayur yang biasa digunakan tumpengan nasi kuning cukup beragam dan ternyata memiliki makna masing-masing. Seperti contohnya sayur kangkung yang memiliki arti melindungi, bayam yang memiliki makna menentramkan hati, hingga kacang panjang dengan arti memiliki pemikiran yang jauh ke depan. Setiap sayuran memiliki makna baik untuk Anda yang tengah melakukan acara dengan nasi tumpeng.

Lauk pauk di atas memiliki makna masing-masing dan merupakan asal mula mengapa tumpeng akhirnya sering disajikan saat hajatan. Sebenarnya terdapat banyak sejarah akhirnya tumpeng menjadi salah satu ikon makanan Indonesia. Salah satunya adalah ternyata dahulu nasi tumpeng diibaratkan sebagai gunung yang ada di Indonesia, dan biasa disajikan untuk memuliakan gunung yang zaman dahulu sangat kental dengan kepercayaan arwah dan nenek moyang. Hingga akhirnya sekarang ini, nasi kuning masih digunakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan.

Banyak sekali design atau penataan yang diberikan dalam setiap penyajian tumpeng, dan Anda dapat memilih design yang paling pas untuk acara Anda. Sebagai salah satu contoh, Anda dapat menggunakan hiasan dengan warna yang cerah untuk acara ulang tahun perusahaan dan lain sebagainya.

Ada beberapa hiasan yang biasa digunakan untuk nasi tumpeng yaitu cabai, daun seledri, hingga mentimun. Biasanya bahan-bahan ini akan dibentuk menyerupai bunga atau suatu model tertentu agar nasi tumpeng pilihan Anda terlihat lebih spesial. Anda juga dapat menemukan resep berbagai nasi tumpeng apabila hendak membuat sendiri untuk acara spesial.

Terdapat beberapa tradisi yang sampai sekarang ini masih wajib menggunakan nasi tumpeng, salah satunya tentu saja di Yogyakarta. Biasanya apabila Anda sedang berlibur di Yogyakarta sebelum tanggal 17 Agustus, tumpeng nasi kuning akan disajikan di malam kemerdakaan dalam rangka mendoakan keselamatan bagi negara dan juga masing-masing individu yang hadir. Tradisi ini merupakan salah satu kebudayaan yang masih bertahan dan Anda juga dapat menjadi salah satu bagiannya.

Tidak hanya di Kota Yogyakarta, beberapa daerah yang masih melakukan sedekah bumi, juga sering sekali menggunakan nasi tumpeng dalam aneka ukuran sesuai dengan kapasitas acara budaya tersebut. Beberapa daerah di Jawa dan bahkan Betawi masih memiliki kebudayaan yang sangat kental dengan menggunakan nasi tumpeng.

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk memasak dan melakukan penataan sendiri untuk tumpeng nasi kuning Anda, tidak perlu merasa khawatir karena sekarang ini telah banyak tempat untuk pesan nasi tumpeng dengan kualitas dan cita rasa yang tidak perlu diragukan. Anda tentunya tinggal mencari beberapa referensi dan akhirnya melakukan komunikasi tentang jenis tumpeng yang Anda butuhkan. Tidak hanya tumpeng dengan ukuran besar, sekarang ini terdapat tumpeng dengan ukuran mini yang dapat Anda pesan dalam acara tertentu yang Anda selenggarakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *