Bisnis yang Baik Didukung oleh Strategi Pemasaran yang Jitu

Dalam bidang apapun strategi adalah hal yang paling pokok untuk dituntaskan. Entah dalam bidang apapun. Misalnya dalam olahraga sepak bola, suatu tim yang bertaburan pemain bintang, akan dikalah oleh tim biasa tapi memiliki strategi yang baik. Contoh lain misalnya dalam ranah politik praktis. Setiap partai politik yang ingin bertarung dalam pemlihan umum baik itu pilpres atau pun pileg hendaklah memiliki strategi yang jitu. Kalau strategi ini telah berjalan dengan optimal, besar kemungkinan partai politik ini memenangkan pertarungan politiknya. Pun tidak terkecuali dalam dunia bisnis. Dalam memasarkan produk tertentu haruslah dilakukan oleh semua pihak bisnis dengan strategi pemasaran yang jitu. Banyak sekali strategi yang bisa diterapkan tergantung konteks pasar dan setting waktu. Dan yang paling pokok dalam dunia bisnis adalah strategi pemasaran. Mengapa dalam perusahaan ataupun bagi wirausahawan memerlukan strategi pemasaran? Hal ini dikarekan dalam kehidupan ekonomi ada istilah motif. Apa itu motif ekonomi, yuk lanjutkan membaca!

Bisnis yang Baik Didukung oleh Strategi Pemasaran yang Jitu

Dalam dunia strategi pemasaran dapat dipastikan bahwa motif ekonomi akan mempengaruhi seseorang untuk membeli barang atau memanfaatkan jasa berbayar. Dengan motif ekonomi yang dimiliki setiap orang, maka semua bisnis memerlukan strategi pemasaran. Fungsinya adalah untuk bisa mengarahkan motif ekonomi tersebut kepada produk atau layanan yang ditawarkan. Jika seseorang memiliki keinginan membeli dan barang atau jasa sesuai permintaan, maka jumlah omzet akan meningkat.

Jadi, dengan kenyataan yang mana sangat pentingnya strategi pemasaran, maka banyak orang yang berusaha melakukannya agar jumlah omzet kian bertambah. Namun perlu digaris bawahi jika penerapan strategi tersebut tidak harus mahal. Tapi, poinnya adalah bagaimana strategi ini tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam beberapa kasus, para produsen juga telah melirik strategi digital yang mana adanya promo iklan yang dipasang di media elektronik, seperti siaran telivisi, radio, youtube dan sebagainya. Hal ini berdasarkan kepada konteks yang ada saat ini, yang mana para konsumen atau calon pembeli banyak yang tertarik untuk membeli sesuatu produk setelah melihat iklan di siaran televise, siaran radio atau yang sangat populer belakangan ini yaitu chanel youtube. Namun, ada  beberapa hal yang patut diperhatikan dalam membangun strategi pemasaran yang jitu, seperti poin-poin di bawah ini.

www.pexels.com
  1. Relasi Hubungan yang Baik dan Jangkauan yang Luas

Ketika memiliki hubungan dan relasi yang luas, seseorang akan lebih bisa diterima oleh orang lain. Apalagi jika sudah terjalin kerja sama yang saling percaya antara Anda dan relasi. Hal ini akan sangat mendukung terjadinya promosi sehat yang menguntungkan. Tentunya, relasi akan cenderung memprioritaskan Anda dibanding lainnya.

  1. Bersahabat dengan Sosok Motivator

Bagaimanapun juga, seseorang yang memiliki jalan pikiran positif tentu dapat memaksimalkan kinerjanya. Begitu pula ketika Anda memasarkan sebuah produk atau layanan jasa. Bersahabat dekat dan akrab dengan seorang motivator yang selalu on fire membuat semangat selalu membara untuk bisa terus berjuang dan berinovasi. Seorang teman yang menjadi motivator juga akan membangun atmosfer positif yang berkualitas. Apalagi terjadi kondisi ketika pikiran dan ide-ide positif dalam usaha memaksimal strategi pemasaran, maka hasilnya tidak akan mengkhianati usaha. Tentunya, seseorang yang bekerja dengan bahagia dan berinovasi positif akan lebih nyaman menjalani hidup dibanding jika pikirannya negatif. Karena berpikir negatif hanya akan menghadirkan ide dan inovasi sulit didapatkan.

  1. Patuhi dan Wajib Disiplin dengan Jadwal yang Telah Ditetapkan

Jika Anda belum membuat rencana harian, mingguan dan bulanan maka segera atur time schedule tersebut. Tanpa adanya rencana, maka seorang pebisnis akan mengalami patah arang yang membuatnya kurang termotivasi. Selain itu, tujuan yang kurang konkrit dan detail bisa mengaburkan ide awal. Setelah memiliki time schedule, Anda harus bersikap keras dan patuh pada jadwal yang telah Anda buat. Bahkan seluruh tim dalam badan usaha atau sejenisnya harus memiliki semangat yang sejalan untuk bisa mencapai hasil maksimal sesuai rencana. Tidak menutup kemungkinan ketika memiliki kedisiplinan hasilnya bahkan di atas ekspektasi. Ingat, buat rencana yang masuk akal tetapi tidak terlalu kendor.

  1. Strategi Pemasaran yang Terkonsep dengan Sangat Baik

Apa saja inovasi yang mungkin Anda dan tim lakukan? Berbagai macam strategi pemasaran yang bisa dieksekusi akan sangat menantang ketika dimatangkan dengan baik. Membuat strategi marketing yang sesuai tren maupun perkembangan teknologi juga mampu mengurangi tingkat stres akibat persaingan dengan para kompetitor. Intinya, selalu berjuang untuk mengeksekusi ide-ide baru yang fresh. Jika memang sulit mendapat ide baru, maka kembangkan inovasi yang sudah ada tanpa harus menjiplaknya. Kalo perlu gunakan seluruh energy dari seluruh anggota tim yang solid untuk hal ini.

  1. Maksimalkan Bentuk dan Isi, Bahkan Kemasannya atau Covernya

Ketika ingin membuat desain yang bagus, pastika isinya juga berkualitas. Karena saat ini sudah banyak konsumen yang sering meng-upload video testimoni dan komplain secara viral. Bayangkan saja, ketika cover dari produk atau layanan jasa tampak menarik tetapi hasilnya zonk. Tentu banyak customer yang akan komplain dan mengumbarnya di media sosial. Hal ini akan menjadi bom waktu bagi para produsen atau penyedia layanan jasa. Banyak pengusaha yang mengalami collapse ketika diserang komplain konsumen secara viral. Bahkan orang yang tidak tahu apa-apa bisa memberikan komentar negatif dan ini bisa memperparah keadaan. Jadi, pastikan untuk selalu memberikan cover dan isi yang berkualitas sesuai penawaran.

www.pexels.com
  1. Pahami Karakteristik Konsumen atau Calon Pelanggan yang Ditargetkan

Konsumen memiliki karakteristik tertentu dilihat dari segi usia, latar belakang pendidikan, kebudayaan, dan sebagainya. Dengan mempelajari karakteristik sesuai spesifikasinya, maka produk atau layanan jasa yang dibuat bisa lebih pas. Kebutuhan konsumen akan lebih banyak terakomodir oleh penawaran. Selain produk dan layanan jasa promo serta diskon juga bisa disesuaikan dengan karakteristik konsumen. Bagaimana para customer menginginkan promonya? Apakah dengan potongan harga, buy 1 get 1, atau lainnya? Saat ini sudah banya pengusaha yang memiliki ide khusus seperti seseorang dengan nama tertentu yang membawa temannya akan diberi potongan harga.

  1. Maksimalkan Sosial Media

Meskipun melakukan promosi di semua media yang low budget, tetapi tetap gunakan salah satu media sosial sebagai andalan atau wajib memaksimalkan sosial media. Selain bisa memaksimalkan fokus utama dalam memasarkan produk maupun layanan jasa, media sosial juga bisa membuat seseorang lebih tertarik. Apalagi di zaman milenial yang serba digital ini. Jika ingin lebih banyak menarik banyak konsumen, maka pastikan untuk memakai jenis media sosial yang sesuai tren masa kini. Misalnya, story di Facebook maupun Instagram. Bahkan semua promo atau syarat give away pun bisa diakses melalui story tersebut. Pasti jumlah peminat dari kalangan pemuda semakin banyak. Atau bisa juga dalam bentuk audio visual misalnya rental Videotron.

www.pexels.com

Selain itu, bisnis yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang jitu tapi juga harus hemat, tapi juga bukan berarti pelit. Meskipun harus ditekan seminimal mungkin, sebuah strategi pemasaran yang dilakukan tidak bisa tanpa biaya. Pasti ada sejumlah uang yang dibutuhkan entah untuk tenaga profesional maupun kontennya. Jadi, jangan mengurangi kualitas dengan dalih efisiensi biaya. Karena hal ini justru bisa membuat produk tidak menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *