Mencari Tahu Kelebihan Beserta dengan Kekurangan yang Dimiliki oleh Samsung A8

Samsung merupakan salah satu perusahaan besar di dunia yang dikenal selalu menghadirkan smartphone dengan tampilan yang menawan teknologi canggih di dalamnya. Salah satu smartphone canggih yang dilepaskan Samsung di pasaran adalan Samsung A8. Galaxy seri A yang dikeluarkan oleh Samsung merupakan jenis smartphone yang diperuntukan bagi kalangan menengah. Meskipun begitu, smartphone ini mampu naik tingkat dan mempesona para penggunanya akibat waktu rilis smarthone dengan Samsung Galaxy A8+. Tidak hanya waktu rilis yang bersamaan, Samsung Galaxy A8 mampu menarik minat para pengguna smartphone karena spesifikasi dan tawaran harga jual dari Samsung Galaxy A8. Samsung Galaxy A8 yang rilis di tahun 2018 memiliki spesifikasi yang mumpuni dan cukup menggoda. Smartphone yang telah dibekali dengan Exynos 7885 ini dilengkapi pula dengan GPU Mali G71 dan prosesor octa core. Prosesor octa core merupakan prosesor yang bekerja dengan membagi unit kerja prosesornya.

Exynos 7885 menjadi pesona lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 karena dilengkapi dengan dual prosesor jenis Cortex-A73. Prosesor tersebut memiliki kecepatan sebesar 2,2 GHz dan dapat bekerja ketika smartphone menjalankan game atau aplikasi berat lainnya. Cortex-A53 yang menjadi prosesor lain di dalam Exynos 7885 memiliki kecepatan sebesar 1,6 GHz dan dapat digunakan untuk menjalankan aktifitas aplikasi yang ringan. Dilihat pembagian unit kerja Exynos 7885 yang ada di dalam Samsung Galaxy A8, Exynos 7885 merupakan chipset yang tepat untuk menjalankan jenis game yang berat.

www.pexels.com

Kekurangan Samsung A8

Sebelum membahas mengenai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Samsung A8, ada baiknya jika pengguna smartphone mengetahui dengan jelas akan spesifikasi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8. Dengan begitu, para pengguna smartphone Samsung dapat menilai akan keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8. Untuk mengetahui lebih lanjut akan spesifikasi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8, berikut penjelasannya:

  • Bulan rilis: Januari 2018
  • Chipset: Exynos 7885 Octa
  • GPU: Mali-G71
  • Layar: Amoled 5,6 inchi
  • Resolusi layar: 1080 x 2220 pixels
  • Kamera belakang: 16 MP, LED flash, phase detection autofocus
  • Kamera depan: Dual kamera ( 16 MP, 8 MP )
  • Memori internal: RAM sebesar 4 GB, ROM 32 GB
  • Memori eksternal: micro SD hingga 256 GB
  • Baterai: Li-Ion 3.000 mAh

Jika dilihat mengenai kamera belakang yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8, smartphone buatan Samsung tersebut tergolong memiliki kamera yang cukup baik. Dengan kamera 16 MP yang ada di dalam smartphone, Samsung Galaxy A8 mampu menangkap gambar dengan kualitas yang baik. Meskipun dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik, kamera belakang Samsung Galaxy A8 ternyata tidak mampu menghasilkan video beresolusi 4K. Hal ini menjelaskan bahwa Samsung Galaxy A8 memiliki kekurangan yang dapat mengecewakan para penggila video. Selain tidak dapat menghasilkan video dengan resolusi 4K, simak kekurangan lainnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 di bawah ini:

  1. Tidak adanya dual kamera belakang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamera pada Samsung Galaxy A8 tergolong cukup baik dan memuaskan. Tetapi sebagai salah satu smartphone modern, tidak adanya dual kamera belakang menjadi daftar kekurangan lainnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8. Sebagai smartphone yang diperuntukan bagi kalangan menengah, Samsung Galaxy A8 sebaiknya memiliki dual kamera yang tersemat pada kamera depan dan kamera belakang. Tanpa adanya dual kamera pada smartphone, Samsung Galaxy A8 akan kesulitan menangkap gambar di daerah yang memiliki cahaya rendah.

  1. ROM 32 GB

Samsung Galaxy A8 yang diedarkan di Indonesia hanya dilengkapi dengan ROM sebesar 32 GB. Untuk smartphone kelas menengah, ROM sebesar 32 GB merupakan ruang penyimpanan yang rendah. Apalagi jika telah dipasang sistem, hanya ada ruang ROM yang tersisa sebesar 22 GB saja.

  1. Mengusung android nougat

Menjadi smartphone yang rilis di tahun 2018, Samsung Galaxy A8 yang mengusung andorid nougat tentunya terasa kurang menggigit. Smartphone dengan merk lainnya justru menawarkan android oreo untuk jenis smartphone yang mereka rilis di tahun 2018.

  1. Harga jual Samsung A8 yang tergolong mahal

Samsung Galaxy A8 dijual dengan harga 6 jutaan di pasaran. Dari tawaran harga tersebut, Samsung Galaxy A8 terbilang cukup mahal karena spesifikasi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 berada pada kelas menengah.

www.pexels.com

Kelebihan atau Keunggulan Samsung Galaxy A8

Tidak hanya memiliki beberapa kelemahan yang disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy A8 juga memiliki banyak kelebihan yang membuat smartphone buatan Samsung ini layak untuk diperhatikan dengan seksama. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 adalah desain premium flagship yang disajikan. Dengan desain flagship yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8, smartphone ini memiliki tampilan yang elegan. Pengguna smartphone Samsung Galaxy A8 bahkan dapat melihat metal 3D glass yang melekat pada body Samsung Galaxy A8. Sensor sidik jari yang ada pada bagian belakang smartphone menambah kesan mewah pada Samsung Galaxy A8. Selain itu, berikut kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Samsung A8 yang memikat:

  1. Layar full amoled

Jika diperhatikan dengan seksama Samsung Galaxy A8 merupakan salah satu seri smartphone yang disajikan dengan layar penuh. Layar full amoled dengan ukuran 5,6 inchi yang tersemat pada Samsung Galaxy A8 membuat pengguna merasa puas dengan tampilan gambar yang disajikan oleh smartphone tersebut. Dengan rasio 18,5:9, kerapatan gambar yang disajikan oleh Samsung Galaxy A8 semakin jelas.

  1. Dual kamera depan

Dual kamera depan yang tersaji pada Samsung Galaxy A8 sangat cocok digunakan untuk selfie. Kamera depan dengan ukuran 16 MP dan 8 MP tersebut berhasil menghasilkan gambar atau foto selfie dengan kualitas yang baik. Kamera depan Samsung Galaxy A8 juga dapat diatur tingkat keburaman pada bagian latar belakang. Dengan efek tersebut, foto yang dihasilkan nampak lebih futuristik.

  1. Dukungan fast charging

Baterai yang disematkan pada Samsung Galaxy A8 memiliki kapasitas sebesar 3.000 mAh dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pengisian daya selama 1 jam lebih 37 menit yang dilakukan Samsung Galaxy A8 berdampak pada aktifitas selama seharian. Hanya dalam pengisian waktu yang singkat, Samsung Galaxy A8 dapat digunakan selama sehari penuh.

  1. Tahan air dan debu

Samsung Galaxy A8 dapat bertahan di dalam air selama setengah jam tanpa menimbulkan kerusakan atau mati.

Jika Anda merupakan pengguna smartphone buatan Samsung, Anda tidak hanya dapat menggunakan Samsung A8 sebagai ponsel sehari-hari. Anda dapat pula menggunakan Samsung seri A5 sebagai pilihan smartphone lainnya yang layak untuk digunakan. Tawaran harga Samsung A5 2017 menjadi alasan utama ketika memilih karena smartphone tersebut memiliki harga jual yang jauh lebih murah dari Samsung Galaxy A8.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *