Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah dengan Tepat

Dalam proses mendekorasi rumah, memilih kombinasi warna cat merupakan tahapan yang cukup menyenangkan. Walau terdengar mudah, memilih warna cat bisa menjadi tahapan yang cukup sulit. Jika anda ingin menerapkan kombinasi warna cat rumah, pemilihan warna cat tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Perlu diingat, tidak semua kombinasi dari warna cat rumah dapat menghasilkan komposisi warna yang dinamis. Pada praktiknya hasil kombinasi warna cat yang dipadukan dengan beberapa warna berbeda dengan warna hanya mengaplikasikan satu warna saja. Jika anda tertarik dengan kombinasi warna cat rumah, namun bingung apa saja warna-warna yang bisa dikombinasikan? Tidak perlu khawatir, melalui kesempatan ini kita akan coba membahas beberapa kombinasi warna cat rumah yang bisa ditiru.

 

Kombinasi warna merupakan proses penggabungan atau perpaduan warna lebih dari satu. Berbagai macam jenis warna yang dapat dicampur tersebut berasal dari warna yang mencolok ataupun warna yang berseberangan. Dalam proses kombinasi warna, dibutuhkan ketepatan yang baik sehingga menjadikan desain yang keren dan menarik. Di dalam sebuha desain, warna memiliki peran yang sangat penting. Selain dapat memberi keindahan pada mata, pemilihan warna yang tepat terbukti dapat memberikan kesan hidup suatu objek.

www.pexels.com

Kombinasi Warna Cat pada Kamar Anak

Memiliki anak yang atraktif tentu menjadi dambaan banyak orang tua. Untuk bisa menghadirkan suasana yang ceria, anda bisa mencoba mendesain kamar anak. Anda bisa mencoba menggunakan lebih dari satu warna pada setiap sisi dindingnya. Dengan kombinasi warna yang tepat, anda dapat menghidupkan sekaligus membangun suasana ceria. Alternatif kombinasi warna yang bisa digunakan yaitu:

  1. Satu Sisi Dinding

Sebuah kamar umumnya memiliki empat sisi dinding. Anda bisa mencoba memberi warna pada satu sisi dinding dengan berbagai macam warna. Pertama buatlah garis batas pada dinding, anda bisa membagi sisi dinding tersebut ke dalam beberapa macam bagian. Setelah selesai, warnai setiap bagian pada sisi dinding tersebut dengan warna yang berbeda-beda. Lebih mudahnya, anda bisa memberikan kombinasi warna cat dengan pola triangular atau segita. Untuk bisa menghidupkan suasana yang ceria, anda bisa mencoba memberi beberapa warna seperti warna kuning, biru tua, abu-abu, maupun biru gelap. Dipercaya, kemunculan warna kuning pada bagian tengah antara perpaduan warna biru dan abu dapat memberi efek yang menyegarkan.

  1. Sisi Dinding yang Lain

Jika satu sisi dinding sudah anda beri warna cat, warnai sisa dinding yang lain dengan cat warna yang serupa. Untuk sisa dinding ini usahakan untuk memilih warna cat yang soft. Beberapa rekomendasi kombinasi warna yang bisa digunakan yaitu seperti warna putih, biru tua, dan abu-abu.

www.pexels.com

Kombinasi Warna dengan Pola Oval

Bentuk geometri pada dinding rumah memang menjadi trend pada bagian dari dekorasi interior. Apabila pola geometris dapat diterapkan pada kombinasi warna cat rumah, lantas sama halnya dengan pola oval dan lingkaran. Selain akan memberikan kesan unik, penggunaan kombinasi warna cat dengan menggunakan pola oval terbukti dapat menciptakan ilusi sesaat. Beberapa kombinasi warna cat yang bisa digunakan yaitu seperti warna pink dan ungu, Kombinasi kedua warna tersebut apabila diterapkan mampu membentuk pola overlapping.

Kombinasi Warna dengan Pola Rectangular

Selain pola triangular dan oval, pola rectangular juga menjadi salah satu kombinasi warna cat rumah yang umum digunakan. Untuk masalah tekniknya, membuat pola rectangular memiliki berbagai macam cara.  Mulai dengan teknik pengecatan salah satu sisi dinding dengan warna yang berbeda dari warna cat utama, serta dengan membuat pola rectangular pada bagian tengah. Kombinasi warna cat rumah yang menggunakan pola rectangular membuat anda dapat menggunakan berbagai macam warna.

 

Dalam proses kombinasi warna, pastikan anda selalu memperhatikan komposisi visual yang dihasilkan. Perhatikan juga barang atau furniture yang akan mengisi atau menghiasi ruang tersebut. Kombinasi warna cat rumah yang tidak tepat dapat membuat ruangan terasa penuh. Anda bisa mencoba meniru berbagai macam kombinasi warna tersebut lewat majalah dekorasi rumah, artikel dekorasi rumah, atau video mengenai dekorasi rumah.

www.pexels.com

Hal Penting dalam Memilih Warna Cat Rumah

Selain mengetahui teknik dan pola kombinasi warna cat rumah, sebaiknya anda juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih warna cat rumah. Beberapa hal tersebut seperti:

  1. Memahami warna dasar yang akan digunakan. Dengan mengetahui warna dasar yang akan digunakan, anda dapat dengan mudah memilih warna tambahan (sekunder).
  2. Mengetahui teknik dasar dalam mengombinasikan warna dengan tepat.
  3. Mengetahui karakter warna dan efek yang ditimbulkan dari berbagai macam warna yang ada.

Selain memperhatikan tiga hal tersebut, memilih dan menggunakan cat tenbok dengan kualitas terbaik juga menjadi suatu hal penting. Sekarang ini, sudah banyak merek cat warna di pasaran yang bisa konsumen pilih. Namun dari sekian banyaknya produk yang ada, pilihlah produk cat rumah yang memiliki kualitas terbaik tentu.

 

Terlepas dari beberapa teknik yang telah kita bahas, sebenarnya masih banyak lagi pola kombinasi warna yang bisa kita tiru. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mencari berbagai macam referensi seperti bedroom decorating ideas di majalah-majalah dekorasi rumah, artikel online, maupun video-video youtube. Memiliki desain dan dekorasi rumah yang indah akan menambah nilai dari rumah yang anda miliki. Selain akan membuat betah setiap penghuninya, rumah dengan desain yang indah dapat meningkatkan status sosial anda di masyarakat.

 

Perlu anda diingat, rumah yang baik tidak dilihat dari seberapa besar rumah tersebut, namun dilihat dari penataan setiap ruangnya. Rumah yang memiliki ukuran luas yang cukup besar akan menurun nilainya apabila tidak memperhatikan segi desain dan dekorasi. Namun, ukuran rumah minimalis yang memperhatikan desain dan dekorasi setiap ruanganya akan memiliki nilai yang lebih.

www.pexels.com

Rumah adalah sebuah bangunan yang digunakan para penghunginya sebagai tempat istirahat, berkumpul keluarga, serta menikmati hidup. Melihat nilai vital dari rumah, tentu menjadi hal wajib bagi setiap penghuninya untuk memperhatikan tipe rumah yang akan dipilih. Kebutuhan tipe rumah orang yang lajang tentu jauh berbeda dengan pasangan yang sudah keluarga dan memiliki anak. Semakin banyak jumlah keluarga yang akan tinggal di suatu rumah, tentu akan membutuhkan luas dan ukuran yang lebih besar.

 

Sekarang ini, ada beberapa tipe rumah yang bisa dipilih. Beberapa tipe rumah tersebut seperti tipe rumah 36, tipe rumah 45 serta tipe rumah 72. Ketiga tipe rumah yang saya sebut tadi tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, pilihlah yang sesuai dengan budget dan kebutuhan yang anda miliki. Untuk orang yang memiliki keluarga kecil, sangat disarankan untuk memilih tipe rumah 45. Dibanding tipe 36, tipe rumah 45 memiliki ukuran luas yang lebih besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *