Ciptakan Kamar Tidur Anak yang Nyaman dan Menarik

Seorang anak adalah anugerah yang diberikan kepada setiap orang tua. Kelahiran dari seorang pun selalu ditunggu-tunggu orang sekeluarga. Setiap orang tua, pasti ingin melihat anaknya selalu merasakan senang dan bahagia. Bagi setiap orang tua, melihat anaknya bahagia tentu juga akan membuatnya ikut merasakan bahagia. Maka tak heran jika setiap orang tua selalu berusaha untuk membahagiakan anak-anaknya. Terutama saat anak masih kecil, orang tua akan sangat memperhatikan anak tersebut tumbuh berkembang. Pasalnya, di usia seperti anak masih perlu bimbingan dari orang tua.

Tak jarang orang tua selalu menuruti kemauan dari anaknya selama itu positif. Salah satu bentuk usaha dari orang tua dalam membahagiakan anaknya adalah dengan memberikannya kamar tidur yang nyaman. Kamar tidur anak yang nyaman akan membuat anak-anak bisa beristirahat dengan nyaman pula. Nyaman ini memiliki cakupan yang cukup luas. Mulai dari desain yang membuat anak-anak suka hingga faktor kebersihan. Kamar tidur yang bersih tentu akan menjauhkan anak-anak dari berbagai kuman atau bakteri yang bisa mengundang banyak penyakit. Untuk itu, tidak ada salahnya orang tua menyediakan kamar tidur yang menarik, nyaman, dan aman untuk anak tercinta.

www.pexels.com

Tips Membuat Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Kamar tidur memang merupakan salah satu tempat yang justru dihindari oleh banyak anak kecil. Pada usia yang masih kecil, anak-anak lebih senang bisa menghabiskan banyak waktu di luar kamar tidur. Mereka lebih memilih untuk menonton televisi di ruang keluarga. Selain itu, anak-anak juga lebih suka keluar rumah untuk bermain bersama teman-temannya. Padahal, anak juga membutuhkan waktu istirahat agar tidak mudah sakit. Apalagi anak-anak juga harus tidur dengan cukup karena harus berangkat pagi untuk bersekolah. Oleh karena itu, dibutuhkan kamar tidur yang nyaman untuk merayu anak agar mau beristirahat. Berikut akan kami bagikan beberapa tips dalam membuat kamar tidur anak menjadi lebih  nyaman :

  1. Pilih Dekorasi yang Lucu

Anak-anak sangat menyukai hal-hal yang bersifat lucu. Ini bisa Anda jadikan patokan dalam memilih dekorasi sesuai dengan apa yang anak-anak sukai. Untuk anak perempuan, biasanya menyukai nuansa pink atau dengan tambahan wallpaper toko kartun kesukaannya seperti Frozen dan sebagainya. Hal ini juga berlaku pada anak laki-laki yang biasanya menyukai toko kartun seperi Naruto dan sebagainya. Dekorasi yang lucu akan membuat mereka lebih betah berada di kamar.

  1. Perhatikan Posisi Tempat Tidur

Bagi Anda yang ingin melatih sang buah hati tidur sendiri sejak usia dini, maka Anda harus memperhatikan posisi tempat tidur sang anak. Hindari menempatkan tempat tidur yang dekat dengan pintu, jendela, ataupun kamar mandi. Dikhawatirkan anak akan berusaha meraih tirai pada jendela yang bisa saja membuat hewan seperti ular, ulat, dan semacamnya yang masuk ke kamar. Juga jangan menempatkan tempat tidur si anak dekat dengan colokan listrik. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan misalnya anak memegang saklar yang tentu sangat berbahaya. Memang tidak ada salahnya apabila Anda ingin sang anak belajar tidur sendiri. Dengan begitu, mereka akan belajar mandiri dan menjadi anak yang pemberani.

  1. Pasang Pagar Pelindung

Diperlukan pagar pelindung terutama untuk tempat tidur dengan model bertingkat. Pasalnya, di usia yang masih belia, anak memiliki sikap yang aktif dan banyak tingkah. Pemasangan pagar pelindung ini diharapkan agar anak tidak sampai jatuh dari tempat tidur. Bila perlu, pasang juga karpet yang halus sebagai antisipasi jika anak terjatuh.

  1. Menggunakan Lantai Kasur

Jika Anda ragu untuk menggunakan tempat tidur dengan model bertingkat, Anda bisa menggantinya dengan kasur lantai. Kasur lantai lebih aman untuk digunakan oleh si anak. Ia juga akan lebih bebas dalam bergerak dan melakukan aktivitas yang lain.

  1. Sediakan Area Bermain

Anak-anak sangat menyukai kegiatan bermain. Namun, seringkali mereka lupa tidak mengembalikan mainannya ke tempat penyimpanan. Hal ini akan membuat kamar tidur anak menjadi berantakan. Jika Anda memiliki lahan yang luas, sediakan area bermain untuk anak. Sehingga, saat si anak tidak mengembalikan mainannya, hal itu tidak akan mengganggu kenyamanan mereka di tempat tidur. Tetapi, perlu juga menyiapkan tempat penyimpanan di area bermain tersebut. Dan jangan lupa untuk mengingatkannya agar selalu mengembalikan mainan ke tempat penyimpanan yang telah disediakan.

  1. Lantai dari Kayu Parket

Anak kecil lebih suka bermain di lantai karena lebih bebas dan luas. Untuk itu, pilihlah lantai dari kayu parket karena lebih aman bagi mereka untuk bermain. Lantai yang beralaskan keramik tidak baik untuk kesehatan paru-paru sang anak. Begitu pula penggunaan karpet yang tentu akan mudah berdebu.

www.pexels.com

Inspirasi Kamar Tidur yang Menarik Untuk Anak

Setelah mengetahui tips dalam membuat kamar tidur yang nyaman untuk anak, kali ini kami sajikan beberapa inspirasi desain kamar tidur anak yang menarik dan membuat mereka semakin betah. Berikut di antaranya :

  1. Kamar Tidur Bertema Mobil Balap

Tema yang pertama ini sangat cocok bagi anak laki-laki karena suka bermain mobil-mobilan. Dengan menggunakan ranjang dengan model mobil balap tentu akan membuat si anak semakin senang. Perpaduan ranjang mobil balap dengan wallpaper bertema mobil balap juga akan mengajak anak-anak untuk berimajinasi.

  1. Kamar Tidur Bertema Bajak Laut

Selain mobil balap, anak laki-laki juga menyukai film anak yang bercerita tentang kisah seorang bajak laut yang berusaha menaklukkan lautan. Anda bisa menggunakan ranjang berbentuk kapal bajak laut yang akan membuat anak-anak menjadi senang. Untuk menambah imajinasi dari si anak, Anda bias menambahkan mainan atau boneka berupa ikan hiu, paus, dan semacamnya.

  1. Kamar Anak Bertema Hutan

Kamar tidur yang satu ini juga bisa membangkitkan imajinasi dari anak-anak. Dengan nuansa hijau dan cokelat dari kombinasi cat dinding beserta pohon mainan akan menambah suasana menarik pada kamar tidur anak. Selain itu, ditambahkan juga cat berwarna biru tua pada atap yang diibaratkan sebagai langit dengan lampu-lampu kecil sebagai bintang. Tak lupa untuk memberikan boneka-boneka binatang yang akan membuat anak menjadi semakin senang,

  1. Kamar Tidur Bertema Olahraga

Anak-anak juga kerap memiliki olahraga favorit seperti sepak bola ataupun basket. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan kamar tidur bertema olahraga kesukaan mereka. Jika anak menyukai sepak bola, Anda bisa menyediakan tempat dengan motif bertema sepak bola. Tak lupa untuk memberikan bola berukuran kecil untuk menemani mereka di kamar. Begitu pula dengan basket di mana Anda bisa menyediakan bola basket kecil beserta ring mini untuk mereka bermain.

www.pexels.com
  1. Kamar Tidur Bertema Frozen

Bagi anak perempuan tentu sangat menyukai kartun salah satunya adalah Frozen. Anda bisa menciptakan kamar tidur bertema Frozen dengan nuansa biru dan terdapat pohon yang telah tersihir menjadi es. Untuk menambah suasana ceria dan dingin, Anda bisa memasang AC Daikin Inverter yang sekaligus menghilangkan udara panas yang mengganggu si kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *