Jenis-Jenis Tulisan

Tulisan hadir sebagai awal lahirnya peradaban baru dalam sejarah dunia. Dulu ketika kita masih duduk di bangku sekolah dasar, dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang spesifiknya tentang sejarah dan prasejarah kita belajar bahwa pada awalnya manusia belum mengenal tulisan. Baru pada beberapa abad berikutnya manusia mulai memilih untuk tidak nomaden dan memiliki cara untuk menyampaikan pesan tidak hanya dalam bentul lisan tapi juga dalam bentuk tulisan. Hanya saja tulisan yang ada pada waktu itu tidaklah seperti yang kita kenal sekarang. Tulisan pada waktu itu baru berupa symbol atau belum berbentuk aksra atau huruf. Tapi, patut dikategorikan tulisan pada masa itu adalah jenis-jenis tulisan masa prasejarah.

Lalu bagaimana dengan jenis-jenis tulisan pada masa sekarang? Dan apa sesungguhnya yang dimaksud dengan tulisan? Yuk lanjutkan membaca artikel ini!

www.pexels.com

Pengertian Tulisan

Berbicara mengenai tulisan sebenarnya kata ini berasal dari kata tulis. Adapun tulisan merupakan homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Arti tulisan dapat masuk ke dalam jenis kiasan sehingga pemakaian tulisan dapat bukan dalam arti yang sebenarnya. Tulisan memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga tulisan dapat menyatakan nama seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Tulisan erat kaitannya dengan menulis. Sedangkan menulis merupakan sebuah aktivitas menuangkan fikiran, ide dan gagasan bahkan perasaaan individu yang dituangkan dalam bahasa tulis. Dalam pengertian yang lain, menulis ialah aktivitas untuk menyatakan fikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan yang mana diharapkan dapat dipahami oleh khalayak pembaca dan juga berfungsi sebagai alat komunikasi secara tidak langsung.

Jadi, pengertian tulisan jika dihubungkan dengan menulis adalh sesuatu ide, gagasan atau perasaan dengan bentuk aksara atau huruf maupun smbol-simbol tertentu.

www.pexels.com

Pengertian Menulis Tulisan dan Fungsinya

Di atas telah disinggung bagaimana pengertian tulisan kalau dikoneksikan dengan kegiatan menulis. Lalu bagaimakah pengertian menulis tulisan menurut KBBI? Menurut KBBI menulis adalah melahirkan pikiran atau gagasan seperti mengarang, mebuat surat atau mendeskripsikan sesuatu dengan tulisan. Menulis tulisan berarti menuangkan isi hati ke dalam bentuk tulisan, sehingga maksud yang hendak disampaikan bisa sampai kepada tujuan dari maksud tersebut. Kamampuan seseorang dalam menuangkan isi hatinya ke dalam sebuah tulisan sangatlah beraneka ragam. Hal ini sangat bergantung kepada masa lalu atau pengalaman bahkan latar belakang orang yang akan menulis. Hanya saja patut dicatat bahwa kegiatan menulis harus memperhatikan kemampuan lawan tutur atau kepada siapa tulisan ini akan diberikan.

Menulis berbagai jenis-jenis tulisan memiliki tujuan dan fungsi yang mana tergantung dari jenis-jenisnya tersebut. Adapun tujuannya tersebut dapat dikelompokkan kepada hal berikut.

  1. Memberikan Informasi

Adapun fungsi dan tujuan menulis yang pertam adalah memberikan informasi kepada lawan bicara dalam hal ini adalah kepada pembaca tulisan yang bertujuan untuk memberikan informasi, memberitahukan dan menjelaskan sesuatu yang biasa disebut dengan karangan ekspoisi.

  1. Menyakinkan Lawan Bicara

Selanjutnya fungsi dan kegunaan tulisan adalah untuk menyakinkan pembaca atau calon pembaca bahwa apa yang disampaikan oleh orang yang menulis benar, sehingga orang yang menulis berharap bagi yang membaca tulisannya dapat mengikuti pesan yang disampaikan oleh orang yang menulis.

  1. Mendeskripsikan atau Menarasikan

Yang ketiga adalah mendeskripsikan atau menarasikan maksudnya untuk menceritakan suatu kejadian kepada pembaca yang mana hal ini populer disebut dengan narasi.

  1. Mempengaruhi Lawan Bicara

Selanjutnya adalah mempengaruhi lawan bicara, maksudnya adalah sebuah tulisan mampu untuk mempengaruhi pembaca atua membujuk pemaca agar mengikuti pesan yang ada dalam tulisan yang di tulis oleh penulis.

  1. Menggambarkan Sesuatu

Seterusnya, fungsi dari tulisan juga bisa sebagai hal yang mampu untuk menggambarkan sesuatu kepada pembaca sehingga ada kesan yang hadir bahwa pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sesuatu yang dituliskan oleh penulis dalam tulisannya.

  1. Fungsi Penugasan

Fungsi penugasan yaitu ada kalanya sebuah tulisan dibuat khusus untuk memenuhi tugas yang diberikan.

  1. Fungsi Estetis

Fungsi estetis adalah Fungsi ini biasanya dianut oleh para sastrawan. Mereka menulis dengan tujuan untuk menciptakan sebuah keindahan melalui tulisan yang dapat berbentuk puisi, cerpen, ataupun novel

  1. Fungsi Penerangan

 

Fungsi penerangan yaitu tulisan yang bertujuan dan berterkait dengan motivasi utama si penulis yang membuat tulisan untuk memberi informasi kepada pembaca.

  1. Fungsi Pernyataan Diri

Fungsi pernyataan diri adalah sebuah tulisan terkadang dibuat untuk menegaskan siapa diri Anda.

  1. Fungsi Konsumtif

Fungsi konsumtif maksudnya ada kalanya sebuah tulisan diselesaikan untuk dijual dan dikonsumsi oleh para pembaca.

Nah itulah beberapa jenis-jenis tulisan berdasarkan fungsi-fungsinya. Agar lebih mendalam pemahaman akan tullisan, akan dipaparkan tentang jenis-jenis tulisan.

www.pexels.com

Jenis-jenis Tulisan

Meski tidak semua orang memutuskan untuk menjadi seorang penulis, tapi meski demikian kebanyakan orang senang untuk menulis tulisan walau hanya sekadar up date status di facebook, caption fhoto di Instagram, ngetwitt di twitter dan juga menulis status di profil wa (kalau dulu mungkin aplikasi BBM). Sebenarnya aktivitas tulis menulis tulisan ini telah berlansung sejak lama, sebagaimana yang telah disinggung di atas telah berlangsung sejak manusia memutuskan untuk hidup menetap dan tidak nomaden. Hanya saja tulisan yang ada pada masa itu berbeda dengan generasi mileneal atau era digital sekarang ini. Pada masa dahulu baru berapa simbol atau tanda-tanda tertentu.

Pada era digital sekarang ini telah banyak ditemukan ragam tulisan dalam menulis. Lalu apa saja jenis-jenis tulisan yang ada pada zaman sekarang ini? Berikut rinciannya.

  1. Otobiografi

Jenis tulisan menulis yang satu ini merupakan bentuk tulisan yang menceritakan sebuah cerita atau tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang yang bersangkutan. Jadi, dalam kontek ini penulis menceritakan perjalan kisah hidupnya sendiri.

Otobiografi ini ditulis berdasarkan dengan pengalaman, kenangan dan prestasi-prestasi selama hidup. Penulis dalam ragam jenis ini pada umumnya menggunakan sejumlah besar dokumen dirinya dan dari sudut pandang yang dirasa sangat menarik. Fokusnya adalah kenangan si penulis dengan suduh pandang penulis. Hanya saja, tidak semua orang bisa menulis otobiografinya. Hanya beberapa yang belum siap untuk menulis proses jenis tulisan ini. Beberapa orang memulai menulis otobiografi dengan memulai catatan harian atau jurnal yang digunakan untuk catatan. sebagian juga ada yang memulai menulis di Jasa Penulis Artikel. Dengan banyaknya menulis tulisan pada akhirnya akan terkumpul bahan-bahan untuk menulis otobiografi.

  1. Resensi Buku

Resensi buku adalah mengulas buku dari seorang penulis buku, apakah buku itu memiliki daya tarik atau belum dapat dikatakan menarik. Tentunya meresensi buku ini harus secara menyeluruh membaca kandungan buku tersebut hingga bisa merasakan sendiri bagaimana isi buku tersebut digambarkan.

Dari hasil resensi buku, dianggap menarik maka akan mempengaruhi peringkat penjualan buku. Sebaliknya jika tidak ada hal yang menarik dan tidak ada  yang meresensi buku terkait, maka peluang untuk laris di pasaran menjadi kecil.

  1. Skets Karakter

Selanjutnya adalah sketsa karakter yaitu menggambarkan secara singkat karakteristik orang tertentu. Biasanya dapat ditemukan jenis-jenis tulisan yang satu ini di dalam koran, buletin atau pun majalah. Sketsa tersebut akan menunjukkan sebuah karakter seseorang yang mana dikaitkan dengan pekerjaannya atau pun hal lainnya.

Sketsa karakter dibagi kedalam ragam.

  1. Karakter yang melibatkan penciptaan, ini umumnya menggunakan pertanyaan dan jawaban. Ragam ini ditulis dengan tulisan kreatif.
  2. Karakter yang melibatkan penciptaan sketsa karakter-karakter penulis lain. Biasanya dirancang untuk membantu dalam membuat karakter penulisnya sendiri.
  3. Komik

Jenis-jenis tulisan berikutnya adalah komik. Untuk jenis ini banyak sekali penggemarnya. komik biasanya dikemas dengan cerita-cerita lucu. Banyak ditemukan di buku-buku komik dan di media cetak seperti koran, meskipun di media cetak terlalu banyak. Buku komik banyak diproduksi di negara tirai bambu yaitu Jepang.

Keahlian menulis jenis ini biasanya dengan menggunakan teknik pensil untuk menggambar komik yang seolah-olah hidup dan mengikuti alur cerita yang diceritakan oleh narator. Komik sangat banyak digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja bahkan dewasa.

  1. Deskripsi

Selanjutnya adalah deskripsi yang mana dapat digunakan untuk menulis fiksi maupun non-fiksi. Isi cerita biasanya disajikan kepada seseorang tentang aktivitas atau objek. Cerita fiksi yang menceritakan tentang orang-orang atau peristiwa yang tidak nyata dan literatur yang dibuat hanya imajinasi dari pengarang atau penulis.

Sedangkan non fiksi adalah urutan untuk setiap cerita yang informative untuk menginformasikan gambaran sumber daya manusia dengan jujur dan akurat. Bahkan membuat sebuah artikel tentang pembuatan deskripsi produk termasuk dalam tulisan non fiksi karena begitu jelas bahwa objek yang dijelaskan. Contoh lainnya yaitu Jasa Penulis Artikel.

  1. Catatan Harian

Berikutnya adalah catatan harian atau dikenal juga dengan buku harian atau diary. Untuk jenis tulisan menulis yang satu ini semua orang banyak yang telah melakukan khususnya mereka yang hidup pada era 90-an hinggan 2000-an. Biasanya tulisan dalam bentuk catatan harian ini ditulis di buku harian atau diary. Di era sekarang ini catatan harian bisa juga di tuangkan di blog. Pada catatan harian memuat cerita perjalanan hidup sendiri dan menjelaskan apa yang pernah terjadi pada diri si penulis dan sebagainya.

Adanya catatan harian ini dapat juga sebagai  bahan untuk menulis otobiografi yang mungkin dituiskan pada waktu berikutnya. Bahan-bahan dari catatan harian ini akan menjadi puzzle untuk otobiografi yang lebih lengkap dan sistematis.

  1. Karangan

Selanjutnya yang termasuk ke dalam jenis-jenis tulisan adalah karangan. Jenis tulisan ini yang paling seringn dikerjakan pada bangku sekolah baik SMP maupun SMA. Karangan adalah bagian singkat dari tulisan dengan tema tertentu. Biasanya dalam bentuk prosa dan berupa analaisa, spekulasi atau juga informasi.

Selain itu, populer juga kategori karangan ini sebagai eksposisi, deskripsi, narasi, persuasi dan argumentasi. Setiap jenis karangan ini memiliki pengertian dan ciri-ciri yang berbeda.

  1. Fabel

Fable merupakan jenis tulisan yang menggunakan hewan yang berperilaku dan berbicara layaknya manusia. Ini termasuk kategori dongeng, misalnya dongeng si kacil mencuri mentimun, si kancil dan buaya, si kancil dan monyet, dan lain sebagainya. Fable dari luar dibuat oleh rumah produksi film yang mana dituangkan dalam bentuk film animasi.

  1. Jurnal

Selanjutnya adalah Jurnal yang mana berarti tulisan harian suatu kejadian, pengalaman dan pengamatan. Jenis ini bersifat pribadi yang memungkinkan dibagikan dengan orang lain atau pun tidak dibagikan kepada orang lain. Kalau memilih untuk tidak membagikan kepada orang lain, berarti jurnal ini sangat privasi.

Menulis Jurnal bisa membantu untuk membuah sebuah tulisan yang kreatif. Pada jurnal ini biasanya menceritkan isu-isu yang terjadi dalam hidup ataupun kejadian yang pernah dialami disekitar tempat tinggal si penulis.

  1. Surat

Surat merupakan sebuah komunikasi yang disampaikan secara tertulis yang ditujukan kepada individu, perusahaan, instansi dan lain sebagainya. Surat dewasa ini juga bisa dalam bentuk digital yang populer disebut surat elektronik lewat aplikasi gmail. Meski begitu banyak juga yang menggunakan kertas untuk dikirim melalui pos dengan dibungkus dengan amplop. Sekarang ini umumnya telah beralih menggunakan surat elektronik atau email yang memiliki fitur berupa pesan teks.

Han, itulah jenis-jenis tulisan dalam menulis pada zaman sekarang ini, selanjutnya kita akan telusuri dan paparkan tentang manfat menulis tulisan.

www.pexels.com

Manfaat Menulis Tulisan

Setelah kita mendefenisikan tulisan, tulisan yang berkaitan dengan menuli, jenis-jenis tulisan, selanjutnya kita akan paparkan tentang manfaat menulis tulisan. Adapun yang dapat kita paparkan sebagai berikut.

  1. Mencegah kepikunan

Menulis erat sekali hubungannya dengan proses berfikir dan kinerja otak. Sebagaimana tubuh yang membutuhkan olah raga, hati yang butuh asupan jiwa, otak juga butuh asupan berupa latihan berfikir positif lewat menulis.

Bagaimana otak tetap berfikir positif, diantaranya dengan membiasakan menulis, mengungkapkan apa yang terfikirkan lewat tulisan dengan kebiasaan inilah otak terus bekerja. Terlebih jika menulis sebuah tulisan ilmiah, otak akan lebih bekerja lagi dalam mengumpulkan beragam referensi untuk menjadi tulisan. Jika demikian halnya, maka otak tidak akan pikun nantinya, bahkan tidak mudah pelupa ketiak menginjak usia tua.

  1. Instrumen Merekam Jejak Sejarah

Menulis merupakan suatu dari sekian banyak instrument perekam jejak sejarah dan media ini paling banyak tersebar dan mudah  ditemukan. Misalnya kita mengenal kehidupanpara nabi, para sahabat, para tabi’in dan orang-orang saleh lewat tulisan. Jika, kita hendak mereka sesuatu, cukuplah tuangkan lewat tulisan. Inilah cara klasik yang takkan pernah tergantikan oleh apapun. Menulis tulisan akan selalu ada dan akan tetap ada.

  1. Instrumen untuk Menjaga Ilmu, Pendapat, Pemikiran, Opini dan Argumen dari Keraiban sekaligus Menyebarkannya secara luas

Sudah menjadi sesuatu yang kita mafhumi bersama bahwa kekuata otak dalam mengingat memiliki batas. Satu-satunya cara agar bisa mengabadikan apa yang sempat terlintas dalam fikiran, apalagi suatu ilmu pengetahuan yang memiliki kemanfaatan bagi orang banyak, maka cara pengabadiannya via menulis tulisan. Banyak sekali ilmuwan-ilmuwan zaman dahulu yang pada hakikatnya cerdas dan memiliki ingatan yang kuat tapi tetap mengabadikan ingatannya lewat tulisan. Hal itulah kemudian yang sampai pada kita sekarang, yaitu karya para ilmuwan dalam bentuk tulisan sehingga kita dapat mengetahui ilmu, pendapat, pemikiran, opini dan argument para ilmuwan zaman dahulu.

  1. Menulis sebagai Media Belajar

Manfaat menulis berikutnya adalah menulis sebagai media belajar. Belajar bukan hanya mendengar dan membaca. Tidak lengkap rasanya belajar tanpa menulis. Kurang lengkap rasanya ilmu jika belum dituangkan dengan menulis. Lihatlah kisah hidup para ilmuwan, pengusaha, aktivis, eksekutif handal, legislator berpengalaman dan para pemimpin di dunia, sampai orang tersibuk pun dalam bisnis dan niaga, hidup mereka tak lepas dari menulis.

Terlebih para ulama salaf, saat kita membaca riwayat hidupnya, pasti kita akan tercengang dan begitu takjub, betapa tidak, ibnul qayyim menulis kitab zaadul maad hanya dalam satu safar yang tidak lebih dari berbulan-bulan masanya, padahal kitab itu berjilid-jilid sampai empat setetah tercetaknya. Bayangkan berapa puluh lembar ilmu tertuliskan di atasnya dalam seharinya. Ini satu contoh akan keajaiban dan keberkahan hidup mereka.

  1. Menulis untuk Hidup yang Produktif

Selanjutnya, menulis bagian dari tradisi orang-orang yang produktif. Meskipun banyak juga yang menganggap menulis kegiatan yang membosankan, harus memiliki energi berlimpah dan suka menyendiri. Ini adalah anggapan yang keliru dan sangat keliru sekali. Hanya mereka para pemalas, orang-orang bodoh, para pengglamor dunia, dan orang gila atau tergila-gila yang beropini dan beranggap bodoh seperti itu.

Justru dengan menulis membuat hidup lebih produktif, usia lebih bermanfaat tak terbuang sia-sia. Dengan menulis wawasan terus bertambah, detik-detik hayatnya terisi sesuatu yang bermanfaat bagi diri dan orang lain, langkah dan akivitasnya tak kan terbuang ke perkara yang tiada manfaat sama sekali, karena dirinya tersibukkan oleh beragam informasi, fakta, wawasan, ilmu, pengetahuan, penelitian, pengamatan, observasi, survai yang harus tergali dan terkumpulkan sebagai referensi bahan yang akan ditulisnya.

Anda bisa bedakan dengan mereka yang hidupnya hanya gurauan, bermain-main, sekedar jalan-jalan, berpesta foya-foya, berglamor dengan dunia hiburan dan jenaka. Apa yang mereka dapatkan? Apa yang dapat mereka berikan! Apa manfaat yang terbagikan? Apa kebaikan dan adakah perubahan positif yang terzahirkan dari hati mereka? Saya yakin ada bisa menjawabnya sendiri. Dan itu lebih objektif dalam pandangan saya.

 

  1. Menulis Melahirkan Ide-ide Baru dan Pemikiran Baru

Terakhir manfaat menulis tulisan adalah melahirkan ide-ide baru dan pemikiran baru. Dengan menulis seseorang akan berfikir dan terus berusaha mengembangakan pemahamannya dan kemampuan dirinya. motivasi inilah yang akan mendobrak dirinya menemukan ide-ide baru, karena di saat ia terjun dalam dunia tulis menulis, dirinya terus tertantang membuat gebrakan baru untuk menelurkan ide-ide dan gagasan teranyarnya. Ide-ide baru hanya terhasilkan dari mereka para pemikir yang aktif, terus belajar dan bekerja keras mengembangkan kemampuan berfikirnya. dan dengan jalan menulis inilah ide-ide anyar itu akan terus bermunculan dan tersebarkan.

Oleh karena itu, berusahalah menulis apa yang terpikirkan, apa yang terlihat, apa yang terdengar, apa yang terasakan, apa yang terbaca, dan terbagikan dari orang lain. karena besar itu tiada tanpa adanya yang kecil, dan tingginya gunung bermula dari tumpukan pasir dan kerikil-kerikil, dan hamparan sahara adalah kumpulan pasir-pasir, dan bentangan sabana yang hijau adalah gabungan rerumputan yang indah. Begitu juga sebuah ide atau gagasan, ia akan terus ada dan terkembangkan, dan ide yang besar pasti terawali oleh ide yang kecil, dan ide yang sepektakuler pasti tertumbuh dari ide yang biasa-biasa sebelumnya. semua terkaitkan dan tak terpisahkan, hanya kemalasan, sombong dan keengganan lah yang menjadikan ide-ide jumud, beku dan tak teranyarkan. menulislah, dan ide-ide baru pasti akan terus bermunculan di benak kalian, menulislah, dan ide-ide baru pasti akan mengantri untuk tertuliskan.

Demikianlah tulisan tentang defenisi tulisan, pemahaman tulisan kalau dikaitakan dengan menulis, jenis-jenis tulisan dan manfaat dari menulis tulisan. Semoga artikel ini mampu membangkitakan pemahaman baru dan motivasi baru dalam melahirkan karya dalam bentuk tulisan. Atau bisa juga dengan nampang di Jasa Penulis Artikel. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *