Jenis-jenis Seminar Berdasarkan Materi dan Skalanya

Apakah anda pernah mengikuti seminar? Mungkin kebanyakan akan menjawab pernah walaupun hanya sekali. Orang-orang yang menghadiri seminar biasanya karena dua alasan. Yang pertama karena memang seminar tersebut diwajibkan oleh perusahaan maupun universitas. Alasan lainnya karena anda tertarik pada topik maupun pembicara pada seminarnya.  Seminar ini ada yang memang gratis, ada juga yang untuk mengikutinya diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran. Seminar ini biasanya diadakan oleh sebuah universitas atau perusahaan dimana untuk masyarakat umum yang ingin mengikutinya haruslah membayar biaya registrasi. Namun, tidak semua seminar itu berbayar. Ada juga yang memang digelar secara gratis untuk umum. Saat menghadiri seminar, biasanya kita akan mendapatkan semacam souvenir entah itu berupa pin, kaos, pulpen, block note, maupun sertifikat. Sebagai promosi sekaligus kenang-kenangan, biasanya seminar kit di atas akan dilengkapi dengan tas seminar. Selain berguna selama seminar, tas ini juga bisa digunakan untuk keperluan lain setelah acara seminar. Seminar kit yang kita dapatkan biasanya tergantung pada jenis-jenis seminar maupun tema yang digunakan.

Jenis-jenis Seminar Berdasarkan isi Materi

Berdasarkan isi materi yang disampaikan, seminar dibagi menjadi 3 jenis yaitu seminar motivasi, inspirasi, dan edukasi. Perbedaan dari ketiga jenis seminar ini adalah isi materinya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

  1. Seminar motivasi

Seminar motivasi atau motivational seminar adalah jenis seminar yang seperti namanya bertujuan untuk memberikan motivasi. Pembicara akan membahas topik yang mengandung motivasi maupun dukungan terhadap topiknya. Contoh tema dari seminar motivasi adalah cara mudah menjadi pebisnis. Diharapkan setelah mengikuti seminar ini peserta seminar akan termotivasi untuk muali menjadi pengusaha. Untuk segi tujuan, sebenarnya ketiga jenis seminar ini sama saja yaitu memberikan pengaruh terhadap peserta seminar.

  1. Seminar Edukasi

Jenis seminar yang kedua adalah seminar edukasi dimana seminar ini berisi tentang berbagai teknik atau ketrampilan yang bisa dipelajari. Berdasarkan jenis ketrampilan atau kemampuannya, seminar ini dibagi menjadi dua macam yaitu soft skill dan hard skill. Jika soft skill merupakan kemampuan kecerdasan, maka hard skill sama saja dengan ketrampilan teknis atau lebih ke fisik. Keduanya jenis seminar ini sama-sama bertujuan untuk memberikan edukasi atau pembelajaran mengenai kemampuan tertentu. Salah satu contoh tema seminar edukasi soft skill adalah belajar cara menguasai kemampuan berbicara bahasa inggris di depan umum.

  1. Seminar Inspirasi

Selanjutnya yang terakhir, ada seminar inspirasi yang tentu saja isi materi yang diberikan oleh pembicara isinya seputar pengalaman maupun kisah hidupnya. Tujuan seminar yang satu ini adalah untuk memberikan inspirasi kepada para pesertanya untuk melakukan sesuatu yang mungkin masih ragu untuk mereka lakukan.

www.pexels.com

Apapun jenis seminarnya, biasanya pada akhir acara panitia akan memberikan sertifikat kepada peserta seminar. Namun, tidak semua jenis seminar memberikan sertifikat. Kebanyakan hanya memberi souvenir. Souvenir ini biasa juga disebut dengan seminar kit. Souvenirnya bisa berupa pin, kaos, tas seminar, pulpen, block note maupun yang lainnya. Atau bisa juga souvenirnya lengkap semua barang di atas yang dimasukkan dalam tas seminar yang telah didesain sedemikian rupa. Setiap seminar memiliki desain untuk seminar kit  yang berbeda, desainnya bisa disesuaikan dengan etma maupun logo yang berkaitan dengan seminar. Untuk pemesanan seminar kita ini biasanya dapat dilakukan di penyedia jasa paket seminar kit. Anda bisa melakukan pemesanan untuk berbagai jenis barang yang menjadi bagian dari seminar kit. Seminar kit ini memberikan daya tarik tersendiri bagi para peserta seminar. Jujus saja untuk mereka yang terpaksa mengikuti seminar tentu saja menginginkan sebuah sertifikat seminar. Apalagi jika sertifikat yang diberikan memiliki pengaruh yang besar jika digunakan untuk berbagai hal. Selain sertifikat, desain dari seminar kit juga dapat menarik peserta yang ingin mengikuti seminar.

www.pexels.com

Jenis-jenis Seminar Berdasarkan  Lingkupnya

Setelah tadi kita bahas beberapa jenis seminar berdasarkan isi materinya, sekarang kita baha jeni-jenis seminar berdasarkan lingkupnya. Maksudnya adalah lingkup peserta yang dapat mengikuti seminar. Ada dua jenis seminar berdasarkan lingkup pesertanya yaitu seminar terbatas dan seminar umum. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis seminar tersebut.

www.pexels.com
  1. Seminar terbatas

Seminar ini biasanya diadakan oleh perusahaan lembaga, maupun universitas dimana pesertanya hanya untuk kalangan tertentu. Misalnya saja seminar profesi, tentu saja hanya orang yang berprofesi dalam bidang tersebut saja yang bisa mengikuti seminar ini. dalam penyelenggaraannya, seminar ini bisa gratis, bisa juga dibutuhkan biaya untuk registrasi. Contoh lain dari seminar jenis ini adalah seminar skripsi yang diadakan oleh universitas. Hanya mahasiswa dan dosen saja yang bisa mengikuti seminar ini.

  1. Seminar umum

Untuk seminar yang satu ini, pesertanya bisa siapa saja karena dibuka untuk umum. Biasanya hanya dibedakan biasa registrasi yang haris dibayar untuk mengikuti seminar jenia ini. Misalnya saja seminar yang membahas tentang seni, maka siapaun yang memiliki ketertarikan dapat mengikuti seminar yang satu ini. hanya saja untuk umum biaya pendaftarannya jauh lebih mahal daripada orang disekitar tempat dimana diadakannya seminar tersebut. Untuk venue yang digunakan untuk seminar, mau outdoor ataupun indoor tak jadi masalah. Untuk pendaftaran biasanya diberikan batas pembayaran karena untuk seminar dengan sertifikat perlu membuat sertifikat lengkap dengan nama-nama pesertanya. Makanya, dibutuhkan konfirmasi dari peserta agar semua seminar kit nya bisa dibuat.

www.pexels.com

Seminar kita atau yang kita kenal juga dengan souvenir seminar ini harus dibuat dengan menggunakan pemesanan. Pasalnya barang-barang seminar kit ini biasanya ditambahi logo yang butuh desain khusus dan tidak bisa kita beli langsung di toko. Mungkin bisa membeli di toko, namun anda harus menambahkan logonya lagi ke jasa sablon. Bisa jadi malah budget yang digunakan jauh lebih banyak . Biasanya desain logonya bisa kita tentukan sendiri, entah itu buatan sendiri atau menggunakan jasa percetakan juga. Jika menginginkan seminar kit dengan hasil cetakan yang bagus, maka pilihlah jasa pemesanan seminar kita yang bagus. Cari saja infonya di internet mengenai harga satu paket seminar kit. Jika memesan tas seminar sekaligus isi-isinya, mungkin saja akan lebih murah. Apalagi jika jumlah barang yang dipesan banyak, maka akan lebih menghemat budget yang dibutuhkan. Sama halnya dengan membeli barang dalam jumlah banyak, mungkin saja anda bisa dapat potongan harga.

Setelah mengetahui jenis-jenis seminar, untuk anda yang mungkin sedang mempersiapkan sebuah seminar sebaiknya baca beberapa penjelasan seputar seminar berikut ini. Selain mempersiapkan souvenir berupa seminar kit, ada banyak hal yang harus dipersiapkan jika ingin mengadakan seminar. Yang pertama adalah menentukan tema atau topik yang akan diangkat dan disampaikan oleh pembicara nantinya. Baru tentukan lingkup peserta yang akan mengikuti seminar. Anda sebaiknya melakukan perkiraan yang tepat agar nantinya jumlah kursi maupun gedung tidak terlalu kelebihan ruangan apalagi kurang. Dalam mempersiapkan seminar kit juga sebiaknya kita perkirakan dengan peserta seminar yang datang. Jangan sampai budget yang dikeluarkan besar namun yang berpartisipasi dalam seminarnya hanya sedikit.

www.pexels.com

Untuk membuat seminar yang bagus dan menarik, anda juga sebaiknya pintar dalam memiih berbagai hal berikut.  Satu, pemilihan topik maupun tema yang akan dibahas. Topik atau tema ini bisa anda ambil dari permasalahan yang saat ini cukup booming dan membuat orang penasaran. Yang kedua adalah memilih pembicara. Jika pembicara merupakan orang yang populer maupun mumpuni dalam bidangnya, maka peserta pun akan antusias untuk mengikuti seminar yang anda adakan. Sedangkan hal ketiga yang harus dipilih dengan hati-hati adalah seminar kita yang menarik. Jika anda sertakan gambar dari seminar kita yang akan diberikan kepada peserta, maka mungkin saja peserta yang tertarik untuk datang lebih banyak karena desain dari seminar kitnya yang menarik. Untuk lingkup pesertanya, tentu anda bisa menentukannya tergantung pada jenis-jenis seminar yang anda adakan. Waktu diadakannya seminar juga jadi faktor yang menentukan banyak peserta yang datang atau tidak. Seminar biasanya diadakan pada akhir pekan agar orang yang kerja muapun sekolah bisa mengikuti seminar. Namun ada juga seminar yang diadakan pada hari kerja. Hal itu kembali lagi pada target peserta seminar yang anda inginkan.

Kesimpulannya, mau apapun jenis seminarnya, semua tetap membutuhkan persiapan yang matang agar nantinya dapat berjalan dengan lancar. Untuk temanya, seminar ini banyak sekali yang bisa dijadikan topik pembahasan, muali dari seputar berbagi pengetahuan hingga berbagi kisah-kisah yang memberikan kita motivasi entah itu seputar hiburan, kehidupan, maupun pekerjaan. Jika dibedakan berdasarkan temanya, maka ada banyak sekali jenis-jenis seminar. Ada seminar parenting, seminar skripsi, seminar motivasi, dan masih banyak lagi.

Untuk anda yang ingin mengikuti seminar, biasanya ada banyak info seminar yang bisa didapatkan di internet. Selain dapat menambah pengetahuan, seminar ini juga banyak memberikan manfaat. Untuk mahasiswa misalnya, mereka dapat melatih kemampuan berkomunikasi di depan umum. Sedangkan untuk peserta seminar profesi tentu saja ada banyak hal yang didapatkan. Sertifikat yang didapat dari biasanya dapat membantu dalam proses melamar kerja. Seperti sertifikat kemampuan menjalankan program komputer misalnya. Sertifikat macam ini sering dijadikan sebagia pertimbangan bagi perusahaan untuk merekrut pelamar sebagai karyawan mereka atau tidak. Meskipun masih ada tahap wawancara dan tes lainnya, namun untuk segi data, adanya sertifikat ini sangat berpengaruh terhadap penialaian atasan terhadap mereka yang mengirim surat lamaranya. Jika anda mengikuti seminar, sebaiknya catat poin-poin yang disampaikan oleh pembicara di buku yang anda dapat sebagai seminar kit.

 

Selain menambah pengetahuan baru, anda juga berkesempatan untuk bertemu dengan teman baru karena peserta seminar pastinya tidak hanya satu orang. Apalagi untuk skala seminar yang sangta besar, maka peminatnya juga akan jauh lebih banyak lagi. Bagi panitia, tentu seminar ini dapat menjadi sebuah tantangan baru atau menjadi sebuah latihan untuk pekrjaan yang lebih sulit lagi. Sebeanarnya seminar ini memiliki banyak manfaat bagi orang yang terlibat di dalamnya. Tak hanya peserta, mungkin pembicara juga mendapat manfaat dari adanya seminar ini karena ada sesi tanya jawab antara pembicara dan peserta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *