Cara Menyembuhkan Iritasi Mata

Iritasi mata memang sangat mengganggu aktivitas anda, karena biasanya gejala pada iritasi mata akan menyebabkan seperti mata terasa gatal, bengkak, dan merah. Memang biasanya iritasi mata bisa sembuh dalam kurun wkatu tertentu, jika ringan seperti terkena hewan kecil maka bisa segera sembuh, namun ada juga gejala iritasi berat hingga 2 minggu baru sembuh. Tentunya akan mengganggu mobilitas anda, rasanya pun juga tidak nyaman. Apalagi jika anda bekerja menjadi pelayan publik misalnya pasti anda merasa tidak percaya diri terhadap tampilan anda. Namun anda jangan khawatir, iritasi mata bisa disembuhkan tanpa menggunakan obat tetes mata. Anda bisa mengobatinya secara alami dengan cara-cara di bawah ini.

Cara Alami Sembuhkan Iritasi Mata

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya bisa menyembuhkan iritasi mata, karena kandungannya yang memiliki kandungan asam kaplirat dan asam laurat. Kandungan tersebut dipercaya untuk melawan bakteri dan juga jamur yang menyebabkan terjadinya iritasi. Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai peningkat kekebalan tubuh, sehingga mampu bekerja keras agar iritasi mata anda berkurang. Caranya cukup mudah, yaitu kapas celupkan ke minyak kelapa kemudian tinggal tempel saja ke kelopak mata yang iritasi. Diamkan saja hingga beberapa menit kemudian  bisa anda ulangi hingga beberapa kali dalam sehari.

www.pexels.com
  1. Kunyit

Kandungan curcume yang tinggi mampu mengurangi iritasi mata yang anda derita. Namun jika anda alergi dengan kunyit jangan dilakukan, karena akan berbahaya untuk tubuh. Kunyit ini hanya untuk yang tidak alergi dengan kunyit. Caranya untuk mengaplikasikan cukup mudah yaitu dengan menumbuk halus kunyit campur dengan sedikit air hangat, lalu celupkan kain atau kapas kedalam cairan kunyit tersebut lalu kompreskan ke mata yang iritasi. Diamkan hingga beberapa menit, lalu ambil dan ulangi lagi hingga iritasi mata anda benar-benar sembuh.

  1. Ampas teh

Ketika anda membuat teh, jangan langsung buang begitu saja ampas tersebut, anda bisa menyimpannya untuk dijadikan obat iritasi mata ketika sewaktu-waktu mata anda terkena iritasi. Karena kandungan bioflavonoid yang menjadikannya sebagai anti virus, bakteri, dan juga jamur. Sehingga mampu menyembuhkan penyakit iritasi pada mata. Cara aplikasikannya cukup mudah, yaitu dengan mencelupkan kapas ke dalam teh yang hangat kemudian kompreskan ke mata hingga beberapa menit, ulangi lagi hingga beberapa kali.

www.pexels.com
  1. Lidah buaya

Lidah buaya juga memiliki kandungan yang mampu melawan bakteri yang ada pada tubuh manusia. Salah satunya untuk melawan bakteri yang menyerang pada mata. Baik iritasi mata yang berjenis hooded eyes, monolid atau double lids bisa anda menyembuhkan dengan getah lidah buaya. Caranya mudah sekali yaitu hanya dengan mengupas lidah buaya dari kulitnya yang berwarna hijau, kemudian oles-oleskan ke seluruh kelopak mata lalu diamkan hingga beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Ulangi beberapa kali untuk hasil maksimal.

Demikian tips untuk menyembuhkan iritasi mata, setelah mengetahui tips tersebut anda bisa memanfaatkan tumbuhan yang ada disekitar anda untuk obat iritasi mata anda tanpa harus pergi berobat. Namun jika dirasa setelah berhari-hari masih saja belum sembuh anda bisa membawanya konsultasi ke doktor spesialis mata. Sehingga anda akan tahu hal apa yang menjadikan iritasi mata anda tidak sembuh-sembuh. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda para pembaca dan keluarga, sehingga ketika anda dan keluarga anda terkena iritasi mata anda bisa segera memberi obat

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *