Cara Menumbuhkan Rambut Botak

Pepatah rambut adalah mahkota wanita adalah pepatah yang kuno. Saat ini penampilan telah menjadi hal yang penting, bukan hanya bagi para wanita tapi juga para lelaki. Rambut adalah salah satu bagian yang cukup penting dari penampilan tersebut.

Penataan rambut bisa memberi pengaruh yang cukup signifikan terhadap keseluruhan penampilan. Salah satu yang paling terpengaruh adalah bentuk wajah. Salah memilih bentuk potongan rambut bisa membuat wajah terlihat lebih gemuk, lebih tirus, dan lain-lain. Oleh karenanya pemilihan bentuk potongan rambut sangat penting untuk dipilih secara seksama.

Pentingnya penataan rambut membuat banyak orang rela membayar mahal untuk menyewa jasa hair stylish. Beberapa orang memang merasa tidak percaya diri jika penataan rambutnya tidak maksimal. Rambut kerap ditata dengan berbagai gaya, mulai dari mengganti-ganti bentuk hingga mengganti-ganti warna.

Di tengah hiruk pikuk penataan rambut yang semakin bermacam-macam, mereka yang mengalami kebotakan menjadi pihak yang harus gigit jari. Kebotakan adalah kondisi di mana kulit kepala kehilangan rambutnya karena berbagai faktor. Hal ini membuat kulit kepala terlihat jelas dan sangat mengganggu penampilan.

www.pexels.com

6 Faktor Penyebab Kebotakan

Kebotakan banyak ditemukan pada mereka yang mulai memasuki usia lanjut. Tapi ternyata bukan hanya usia yang menajdi faktor penyebabnya. Kebotakan bisa terjadi karena berbagai faktor yang lalai kita perhatikan. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kebotakan:

  1. Stress

Beberapa dari Anda pasti tidak mengira bila stress dapat menjadi penyebab kebotakan. Namun penelitian di dunia medis telah membuktikan hal ini. Stress memang dapat memicu produksi hormon-hormon tertentu di dalam otak dengan jumlah yang tidak wajar. Hormon-hormon itu dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut. Rontok yang dibiarkan terus menerus akan membuat rambut menjadi botak.

Stress bisa pula membuat seseorang mengidap telogen effvlufium. Telogen efvlufium adalah sebuah kondisi yang menyebabkan pertumbuhan rambut terganggu karena stress berkepanjangan. Adapun tingkatan stress yang dapat memicu penyakit ini masih terus diteliti hingga saat ini. Cara untuk mengatasi kebotakan yang disebabkan stress tentu saja dengan terlebih dahulu mengatasi stressnya itu sendiri.

  1. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Faktor penyebab kebotakan yang berikutnya adalah kekurangan vitamin dan mineral. Banyak orang yang tidak memperhatikan asupan makanan untuk tubuhnya. Apapun dikonsumsi selama terasa lezat dan bisa mengenyangkan. Padahal perilaku tersebut bukanlah perilaku yang bijak.

Tubuh, termasuk rambut, memiliki kebutuhan asupan tertentu agar tetap berada dalam kondisi yang sehat. Nutrisi yang paling dibutuhkan rambut agar senantiasa sehat adalah vitamin dan mineral. Kedua nutrisi itu hanya bisa didapat dengan mengatur pola makan seimbang dan konsumsi air putih yang cukup. Jika tidak, maka akibat yang akan ditimbulkan adalah kebotakan yang dimulai dari rontoknya rambut secara berlebihan.

www.pexels.com
  1. Infeksi

Menjaga kebersihan adalah perilaku yang penting untuk mencegah kebotakan. Kebersihan kulit kepala perlu sangat diperhatikan agar rambut dan kulit kepala tidak mengalami berbagai gangguan kesehatan. Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan karena kelalaian dalam menjaga kebersihan adalah ringworm atau infeksi jamur pada kulit kepala yang bisa menyebabkan kebotakan.

Ada beberapa jenis jamur yang bisa tumbuh subur di kulit kepala dan membuatnya menjadi botak. Jenis jamur tersebut antara lain adalah Tinea Capitis. Tinea Capitis akan tumbuh subur pada kulit kepala yang lembab dan tidak terjaga kebersihannya. Keramaslah minimal 2 hari sekali dan keringkan rambut dengan benar agar terhindari dari infeksi Tinea Capitis.

  1. Kebiasaan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Banyak perempuan berambut panjang yang memiliki kebiasaan mengikat rambut. Mengikat rambut memang bisa membuatnya tampak lebih rapi dan tidak mengganggu saat beraktifitas. Jika Anda termasuk yang memiliki kebiasaan ini usahakan untuk mengurangi intensitas dan kekencengan pada ikatan rambut Anda.

Mengikat rambut terlalu kencang dan terlalu lama bisa membuat akar rambut menjadi rapuh. Akibatnya, rambut jadi mudah rontok  atau patah. Kerontokan dan kerapuhan rambut yang tidak ditangani dengan baik lama-lama bisa membuat Anda menjadi botak. Kebotakan yang disebabkan kebiasaan mengikat rambut ini biasanya hanya terjadi di satu titik di kepala sehingga akan sangat mengganggu penampilan.

  1. Faktor Keturunan

Penyebab kerontokan yang satu ini adalah salah satu penyebab yang sangat sulit dihindari. Jika satu atau kedua orang tua mengalami kebotakan, maka sang anak memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami masalah yang sama. Kebotakan yang disebabkan faktor keturunan biasanya sudah mulai tampak ketika sang anak mulai memasuki usia remaja.

Cara menumbuhkan rambut botak pada kebotakan yang disebabkan keturunan seringkali lebih susah ketimbang kebotakan karena faktor lain. Anda mungkin perlu mengunjungi dokter untuk berkonsultasi mengenai masalah ini. Jangan asal pakai produk perawatan rambut karena berpotensi menyebabkan iritasi apabila kurang cocok.

www.pexels.com
  1. Kemoterapi

Kemoterapi adalah tindakan medis yang banyak digunakan untuk membunuh sel-sel kanker dan tumor di dalam tubuh. Tindakan medis yang satu ini memang salah satu yang paling ampuh. Sayangnya kemoterapi tidak terbebas dari efek samping.

Salah satu efek samping kemoterapi yang paling sering dialami para pasiennya adalah kebotakan. Kebotakan terjadi karena rambut pasien akan rontok secara terus menerus dalam jumlah yang banyak. Rambut yang rontok karena kemoterapi seringkali bukan hanya rambut di kepala. Semua rambut-rambut halus yang ada di sekujur tubuh pasien akan ikut rontok pasca kemoterapi.

Pasien kemoterapi mau tak mau harus menerima kebotakannya. Namun jangan khawatir karena rambut bisa kembali tumbuh normal setelahnya. Pasien bisa mencoba menggunakan minyak kemiri atau minyak zaitun sebagai cara menumbuhkan rambut botak yang lebih cepat.

Tidak dipungkiri bahwa kebotakan bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Beruntunglah kini ada Caboki. Produk ini adalah rambut serat fiber yang bisa membantu rambut tampak lebih tebal hanya dalam beberapa menit. Produk ini memang tidak mengatasi kebotakan secara permanen, namun akan sangat membantu bagi Anda yang membutuhkan tampilan rambut lebat secara instan.

Keunggulan dari produk ini ialah:

  • Membuat rambut tampak lebih tebal
  • Membuat rambut tampak lebih berkilau
  • Tidak memiliki efek samping
  • Bisa digunakan kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja
  • Dikemas dalam kemasan yang praktis dan mudah di bawa kemana-mana

Penggunaan produk Caboki juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengeringkan rambut dan kulit kepala. Setelah itu kocok produk, buka tutupnya dan mulailah mengoleskan dengan gerakan memutar ke bagian yang mengalami kebotakan atau yang tampak tipis. Setelah itu Anda bisa menatanya menggunakan tangan dan rambut tebal yang Anda inginkan segera tersusun rapi di atas kepala.

www.pexels.com

Produk ini terbuat dari bahan alami sehingga sangat jarang menyebabkan iritasi. Anda bisa membeli produk secara online dengan harga yang terjangkau. Kini Anda yang memiliki rambut tipis atau botak bisa pergi kemanapun dengan tetap percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *